Rabu, 17 September 2014

Kota Jombang dan Desa Bakalan


  Jombang adalah salah satu dari kabupaten yang ada di Jawa Timur. Jombang terkenal dengan sebutan kota santri,karena disana banyak sekali pondok pesantren,seperti Tebu Ireng,Darul Ulum,Tambak Beras,dan lain-lain.Tak hanya pondok pesantren,di Jombang juga terdapat universitas-universitas swasta diantaranya adalah Universitas Darul Ulum,Universitas Pesantren Darul Ulum,STIKES Jombang,STIKIP Jombang. Jombang mempunyai semboyan Jombang Beriman.Ikon terkenal dari Jombang adalah Ringin Contong. 


Tak hanya itu,di Jombang juga terdapat tempat rekreasi seperti, Taman Keplaksari,Kebon Rojo,Tirta Wisata,Wisata Alam Wonosalam,Alun-alun Jombang,Klenteng Hong San Kiong dan masih banyak lagi. Dan yang baru-baru ini ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah adalah makam Gus Dur.Jombang mempunyai beberapa macam bentuk kesenian rakyat, seperti: Ludruk, Jaran Kepang Dor, Hadrah, Kentrung,Wayang Krucil, Wayang Topeng, Wayang Kulit dan sebagainya. Makanan terkenal dari Jombang adalah Soto Dok. Di Jombang terdapat banyak sekali desa-desa kecil. Diantaranya adalah Desa Bakalan.
Desa Bakalan adalah salah satu dari banyaknya desa kecil yang terdapat di Jombang,tepatnya di
Kecamatan Sumobito. Sebuah desa yang sangat indah,tempat dimana untuk pertama kalinya saya melihat indahnya dunia. Bakalan,desa dengan berbagai macam mata pencaharian,dari sebagai pedagang,petani,guru,pabrik,dan lain-lain.
Bakalan terkenal dengan pabrik almini (masyarakat menyebutnya kandang) yang berkembang pesat disana. Jika melewati Desa Bakalan,pasti akan melihat banyak sekali pabrik-pabrik almini yang berjajar-jajar. Tradisi yang sampai sekarang masih dipertahankan oleh masyarakat adalah pertunjukan wayang kulit dan penyembelihan kerbau setiap acara ulang tahun desa (ruwah deso). Adapun tradisi yang baru-baru ini ada yaitu pengajian/tahlil di makam sesepuh desa tiap malam kamis pahing. 

Ini adalah sebagian yang ada di Jombang.


Desa Bakalan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar